21 Apr 2014

FKEI FIAI UII Mengadakan Studi Regional ke BI Yogyakarta & Yogyatorium Dagadu




Peserta Studreg 2014 di Depan Bank Indonesia Kantor Yogyakarta


FKEI NEWS – Forum Kajian Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (FKEI FIAI UII) mengadakan acara “Studi Regional Yogyakarta 2014” yang mengambil tema mengenai “Peran Strategis Ekonomi Islam dalam Menghadapi MEA 2015” pada Selasa (02/04/2014). Acara Studi Regional ini diikuti oleh 150 mahasiswa yang berasal dari Prodi Ekonomi Islam FIAI UII angkatan 2013  dan 2012.

Pembukaan acara Studi Regional Yogyakarta 2014 ini dilakukan oleh Dekan FIAI UII, Bapak Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, SH, M.Hum. Dalam kata pembukaanya, beliau menyampaikan bahwasanya beliau juga turut andil dalam pendirian prodi Ekonomi Islam dilingkungan FIAI UII, maka harapan beliau kepada kami mahasiwa/i prodi Ekonomi Islam adalah dapat belajar mengenai ekonomi Islam lebih dalam lagi, mencari wawasan sebanyak-banyaknya  dan menjadi seorang ekonom yang ahli  jika kelak terjun ke dunia masyarakat, dan juga menjadi seorang wiraswasta yang cakap, handal, dan berkompeten dalam menyikapi kehidupan di perekonomian global saat ini juga di masa mendatang demi menghadapi era AEC (Asean Economic Community) di tahun 2015 mendatang, beliau juga mengatakan bahwa suatu negara akan maju jikalau 2% masyarakat atau rakyatnya bergelut pada bidang wiraswasta. Di samping itu beliau juga memaparkan bahwa kunjungan kami mahasiswa/i prodi ekonomi islam FIAI UII adalah semata-mata mencari ilmu, menggali wawasan dan pengalaman, serta kunjungan ke Dagadu Jogja ialah mencari ilmu wirausaha dan seluk-beluk mengenai daerah tempat tinggal kita saat ini yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta”. Paparnya singkat.

Setelah acara pelepasan di kampus, kemudian kami menuju kantor Bank Indonesia Yogyakarta, bertempat di bangsal Mataram BI Yogyakarta kami disambut dengan baik oleh pihak Bank Indonesia dan dipersilahkan memasuki ruangan untuk mendengarkan materi mengenai “Fungsi Bank Indonesia Pasca Terbentuknya OJK (Otoritas Jasa Keuangan)” yang di presentasikan oleh pihak Bank Indonesia Yogyakarta serta dimoderatori oleh dosen kami yakni ibu Soya Sobaya, SEI, MM selaku sekretaris prodi ekonomi Islam FIAI UII. Selesai presentasi usai kami pun di berikan kesempatan untuk mengggali ilmu tentang BI pasca terbentuknya OJK pada sesi tanya jawab. Setelah selesai pemaparan materi mengenai BI dan OJK, lalu kemudian kami dipersilahkan untuk mengunjungi perpustakaan BI.
Suasana di Bank Indonesia Yogyakarta

Selepas berkunjung dari Bank Indonesia, kunjungan berikutnya berlanjut ke Yogyatorium Dagadu di daerah Gedong Kuning, Yogyakarta. Disana kami banyak menggali ilmu tentang sejarah berdirinya dan asal-muasal tentang Dagadu Djogja, ciri khas Djogja, budaya Djogja, entrepreneur dan masih banyak lagi yang disampaikan oleh pihak Dagadu Djokdja. Seusai presentasi kami dipersilahkan untuk mengelilingi Yogyatorium Dagadu untuk melihat-lihat produk-produk dari dagadu djokdja. Dengan berakhirnya kunjungan kami ke Yogyatorium Dagadu, berakhir pula rangkaian acara Studi Regional Yogyakarta 2014 ini.
Berfoto Bersama Pembicara dari dagadu Djokdja

Dan semoga kunjungan ke BI Yogya dan Yogyatorium Dagadu tersebut dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kami sebagai mahasiswa/i program studI ekonomi Islam.
Ucapan Terima Kasih kami haturkan kepada seluruh pihak-pihak yang telah turut serta membantu penyelengaraan Studi Regional Yogyakarta 2014.
Syukron Katsiran J

Ekonom Rabbani, BISA !!!
Reporter : Ega Sabtina (Ekonomi Islam 2013)

3 komentar: