7 Des 2014

Shariah Economist Training (SET)



Shariah Economist Training (SET) diadakan pada tanggal 22-23 November 2014 tepatnya pada hari sabtu dan minggu. Acara SET meruakan sebuah acara follow up dari acara Diklat Ekonomi Islam(DEI) yang diadakan disetiap KSEI dan juga SET ini merupakan alur kaderisasi untuk bisa berkecimpung ke dalam organisasi FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam). Acara SET ini diadakan di Wisma Sejahtera Kaliurang.
Ada 3 rangkaian acara utama didalam SET ini, acara pertama mengambil Tema terkait ekonomi Islam yaitu (mengapa harus ekonomi Islam? Oleh mas Ragil dari UMY) acara kedua mengambil tema (Motivation “Character Building” Oleh mas Eka Jati seorang praktisi dari BRI Syariah) yang bertujun bagaimana peserta dapat lebih produktif didalam organisasi yang di gelutinya. Acara yang ketiga yaitu (“tausiyah“ Oleh Pak Muhammad Dosen STEIYo). Tapi sesungguhnya dalam acara SET ini lebih menitikberatkan kepada silaturahmi peserta terhadap peserta lainnya yang dari berbagai kampus yang berbeda.
Secara keseluruhan peserta yang mengikuti acara SET ini adalah sebanyak 195 orang dari 8 anggota KSEI yang ikut. Peserta delegasi dari FKEI untuk mengikuti acara SET ini sebanyak 25 orang. Ya meskipun tidak sebanyak dulu mudah-mudahan kader yang di kirim untuk mengikuti acara SET adalah kader terbaik FKEI. Aamiin.
Panitia delegasi dari FKEI untuk menjadi panitia di acara SET ini adalah sebanyak 5 orang. Adi Wibowo, Hasnah, Nunung Elahayati, Nur Atiqoh dan Sigit Kusbiantoro.
Selain mendengarkan para pemateri, peserta juga diajak untuk berdiskusi semacam Small Group Discusion. Setiap orang sudah memiliki kelompok mereka masing-masing dan mereka berdiskusi tentang materi “kenapa harus ekonomi Islam?” mereka diberi tenggang waktu sekitar 1 jam untuk membahas tema tadi yang didampingi oleh para Pemantik yang ditunjuk oleh panitia. Dan hasil dari diskusi itu dipresentasikan didepan para peserta lainnya. Dan acara pun diakhiri dengan presentasi temen-temen peserta.   

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar