6 Des 2012

FKEI FIAI UII SUKSES MENYELENGGARAKAN SHARIA ECONOMIC EVENT (SEE UII) 2012


UII Yogyakarta -- Forum Kajian Ekonomi Islam (FKEI) bekerjasama dengan Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, sukses menyelenggarakan SEE UII yang pertama pada hari sabtu tanggal 1 Desember 2012. Tema yang diangkat pada event tahun ini adalah “Menuju Indonesia sebagai Kiblat Industri Syariah Dunia: Sinergi Empat Industri Berbasis Nilai-nilai Islami”.

Menurut penuturan ketua panitia SEE UII 2012, Salasin Yasykur, tema ini sengaja dipilih untuk memberikan gambaran kepada masyarakat umum dan mahasiswa, bahwa ekonomi Islam itu tidak sebatas pada perbankan maupun lembaga keuangan saja, tetapi lebih luas cakupannya, salah satunya adalah bisnis atau industri yang berlandaskan pada prinsip nilai-nilai Islami, yang diantaranya adalah tayangan dan media Islami, busana muslim, makanan dan minuman yang berlabel halal.

Seminar Nasional Ekonomi Islam

Suasana seminar sesi 1
Seminar nasional ekonomi Islam ini dibuka oleh penampilan dari paduan suara mahasiswa (PSM) UII yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UII, lalu dilanjutkan pembacaan kalam illahi oleh saudara Ridho, mahasiswa FIAI UII. Dan secara resmi dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah oleh Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam UII. SEE UII 2012 dihadiri sekitar 200 peserta yang terdiri dari  mahasiswa UII dan mahasiswa lain dari berbagai kampus.
Seminar berlangsung dari jam 09.00-12.20 dengan diisi oleh empat narasumber dari latar belakang yang berbeda. Seminar dibagi menjadi dua sesi dengan diselingi coffe break.



Seminar di pandu oleh Yuli Andriansyah, SE yang merupakan salah satu dosen muda prodi ekonomi Islam FIAI UII. Pada sesi pertama diisi oleh pemaparan artikel dari Dr. Drs H. Dadan Muttaqien., SH, M.Hum (Dekan FIAI UII) yang berbicara secara global mengenai prospek dan potensi keempat Industri tersebut dalam upaya menjadikannya berpusat di Indonesia. Dilanjutkan pembicara kedua dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Yogyakarta, Priyonggo Suseno, M.Sc yang memaparkan mengenai Peran Masyarakat (MES) dalam Pengembangan Ekonomi Islam. Setelah coffe break dilanjutkan ke sesi kedua yang memaparkan dari kacamata industrinya langsung.

Dari Industri media berkonten Islami diwakili oleh Iggi Achsin, SE yang merupakan dewan pakar majalah Sharing, beliau memaparkan mengenai Peran dan kontribusi media informasi dalam perkembangan ekonomi Islam: pengalaman sharing dan dari industri keuangan syariah diwakili oleh H.M Iman Sastra Mihajat, Lc, PDIBF, M.Sc Fin, Ph.D (Ahli keuangan Islam dan Shariah compliance Asuransi Takaful) yang membawakan presentasi berjudul “Menuju Indonesia sebagai Kiblat Industri Keuangan Syariah Dunia: Prospek dan Tantangan”. Dalam sesi seminar ini nampak peserta sangat antusias dengan banyaknya yang ingin bertanya kepada para pembicara.

Suasana seminar sesi 2
Pembicara sesi 2 : Iggi Achsin & H.M Iman Sastra Mihajat

para peserta SEE UII 2012


Talkshow Ekonomi Islam
Talkshow bersama owner waroeng SS
Dalam sesi yang selanjutnya ini materi seminar dibawakan secara santai dengan format berbentuk talkshow interaktif. Berbicara mengenai industri Makanan halal, panitia menghadirkan salah satu pengusaha sukses Yogyakarta, ia adalah Yoyok Heri Wahyono, pemilik Waroeng Spesial Sambal “SS”. Ada satu hal yang unik dalam sesi kali ini, jika biasanya pembicara membawakan materi dalam bentuk slide show, maka pada acara SEE UII ini, pak yoyok mengajak para peserta melihat film singkat berdurasi 16 menit yang berisi 10 tahun perjalanan Waroeng SS hingga bisa sesukses kini memiliki 52 cabang di 25 kota dan memiliki anggota keluarga besar Waroeng SS sebanyak 1600-an jiwa. Para peserta sangat semangat menyaksikan film pendek tersebut, talkshow ini di pandu oleh Faris yang tak lain adalah Mahasiswa Ekonomi Islam FIAI UII yang juga seorang entrepreneur muda berhasil menghidupkan suasana dengan mengajak berinteraksi kepada peserta yang hadir.
Talkshow bersama HCY
Setelah itu dilanjutkan oleh Talkshow bersama Hijabers Community Yogyakarta yang dipandu oleh Mulya Sari Agustina Mahasiswa Ekonomi Islam angkatan 2011. Dalam talkshow ini panitia menghadirkan ketua Hijabers Community Yogyakarta yaitu Kuning Kinasih yang berbicara singkat mengenai bisnis busana muslim dan pengenalan singkat mengenai Hijabers Community itu sendiri. Tak hanya sekedar talkshow saja acara dilanjutkan dengan tutorial pemakaian hijab ala Hijabers bagi kaum muslimah muda
Tutorial hijab by HCY

Fashion Show ala Hijaber Community Yogyakarta
Dan terakhir yang menjadi acara puncak serta ditunggu-tunggu oleh sebagian para peserta semenjak pagi hari adalah penampilan fashion show dari Hijabers Community Yogyakarta. Para peserta tampak terpukau dengan peragaan busana yang ditampilkan oleh 10 model yang mengenakan baju-baju muslim bergaya Hijabers. Dan acara SEE UII 2012 ini pun ditutup dengan pembagian doorprize dari para pihak yang telah mendukung terselanggaranya SEE UII 2012 ini.  
Model-model Hijabers Fashion Show

Harnum, The Rising star
Fashion show
Fashion Show


Penyelenggaraan SEE UII 2012 yang kali pertama ini tentunya tak lepas dari dukungan beberapa pihak yang telah turut serta mendukung antara lain; Program studi Ekonomi Islam FIAI UII, Majalah Sharing, Hijabers Community Yogyakarta (HCY), Waroeng Spesial Sambal “SS”, ABC Catering, Nasi Boled Mang Jaink, Wardah Cosmetic serta para donatur lainnya.

Artikel Berita ini juga dimuat di Majalah Sharing "The Young Leader" Edisi Januari 2013
   

Slide Presentasi Seminar bisa diunduh melalui link dibawah ini

SEE UII 2012 at FIS UII

  @ikonizm |  SEE UII 2012 | Dept. Damedikom, 2011-2012|

4 komentar:

  1. Waah acaranya berlangsung meriah sekali, semoga tahun-tahun setelahnya bisa melebihi acara ini...sukses FKEI...!!!

    BalasHapus
  2. ameeen...!!

    COMING SOON SEE UII 2014

    BalasHapus
  3. Selamat untuk suksesnya acara, ya. Semoga teman-teman FKEI makin aktif lagi berkarya. Salam Yuli Andriansyah, Prodi Ekonomi Islam, FIAI, UII

    BalasHapus