9 Jun 2014

MOTIVASI KEPEMIMPINAN

SEORANG PEMIMPIN

Pada hari Sabtu, tanggal 10 Mei 2014, tepatnya pada jam 15.30, Forum Kajian Ekonomi Islam ( FKEI ) FIAI UII mengadakan acara dengan tema “ Motivasi Kepemimpinan “ dengan pemateri utamanya adalah Bapak Erik Hadi Saputra. Dimoderatori oleh saudara Adi Wibowo, acara tersebut berlangsung dengan cukup lancar dan diikuti secara antusias oleh seluruh peserta yang hadir. Bapak Erik menceritakan berbagai macam pengalaman beliau sebagai motivator dengan menampilkan foto-foto beliau. Kemudian, jauh lebih dalam, Bapak Erik mulai memberikan materi mengenai kepemimpinan.
Dalam acara ini Bapak Erik menyebut bahwa sebenarnya setiap orang itu bisa memimpin asalkan dia mau belajar dan mempunyai tekad yang kuat. Namun, beliau juga menyimpulkan bahwa setiap orang yang menjadi pemimpin, dikategorikan dalam tiga hal mengenai kepemimpinan. Lewat permainan pertanyaan yang berjumlah tiga belas pertanyaan, Bapak Erik memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai tiga pengkatagorian tersebut. Dalam hal ini yang menjadi obyek langsung adalah peserta acara yang notabenya adalah para pengurus FKEI sebagai peserta motivasi, beliau menyuruh peserta yang hadir untuk menjawab tiga belas pertanyaan yang berisikan masalah-masalah yang akan dihadapi oleh seorang pemimpin. Jadi pada dasarnya pertanyaan-pertanyaan tersebut menjurus pada insting seorang pemimpin yang hebat, seorang pemimpin yang hebat akan mengambil keputusan yang bijak saat menghadapi masalah.
Ketika pertanyaan sudah selesai dibacakan dan para peserta pun juga sudah selesai menjawab, Bapak Erik memberikan jawaban yang benar dari pertanyaan-pertanyaan tadi dengan maksud untuk mengoreksi jawaban yang telah diserahkan. Para peserta langsung menilai jawaban mereka masing-masing, dan hasilnya nilai yang diperoleh pun bervariatif. Hal ini menunjukan bahwa insting kepemimpinan mereka juga berbeda. Tentang penjelasan pengkatagorian pemimpin, bahwa hakekat seseorang sebagai pemimpin itu dibagi menjadi tiga, yaitu :
-          Orang yang dilahirkan dengan bakat memimpin, dalam hal ini adalah yang mempunyai nilai 11-13 dari pertanyaan tadi
-          Orang yang berkeinginan menjadi pemimpin yaitu orang yang mempunyai nilai 5-10
-          Dan yang terakhir adalah orang yang hanya menjadi pelengkap dengan nilai 4 ke bawah.
Orang dengan bakat pemimpin adalah orang yang memang sudah dirancang untuk memimpin, akan tetapi orang ini harus menemukan passion terlebih dahulu. Hal ini karena meskipun orang seperti ini memiliki kemampuan, biasanya tidak begitu tertarik apabila tidak sesuai dengan keinginannya. Akan tetapi apabila orang pada tipe ini telah menemukan passion-nya, maka dia akan menjadi pemimpin yang hebat.
Yang kedua adalah orang yang berkeinginan memimpin atau bisa dibilang orang biasa yang tidak dilahirkan dengan bakat memimpin. Orang seperti ini memang tidak punya keahlian memimpin, tetapi biasanya orang seperti inilah yang sungguh-sungguh mengamati dan belajar sehingga ia menjadi dominan untuk memimpin. Dan yang terakhir adalah orang yang hanya menjadi pelengkap dimana ada tidaknya orang ini keadaan menjadi sama saja karena sifatnya adalah pelengkap.
Nah, dari acara “ Motivasi Kepemimpinan “ yang diselengarakan oleh FKEI tersebut, kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa apakah kita dilahirkan sebagai seorang pemimpin atau pun harus melalui berbagai proses, kita harus tetap berusaha dan bermanfaat, jika dalam konteks yang sejalan dengan misi Ekonomi Islam adalah menjadi Falah Maximizer untuk diri sendiri dan sekitar kita. (Admin Medikom FKEI)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar