21 Apr 2014

FKEI FIAI UII MENGIKUTI TEMILNAS FoSSEI XIII MALANG

FKEI NEWS – Forum Kajian Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (FKEI FIAI UII) mengirimkan 6 orang delegasinya untuk mengikuti Temu Ilmiah Nasional Forum Silaturahmi Studi Ekonomi ke 13 di Malang, Jawa Timur. Perhelatan terbesar Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) se-Indonesia yakni Temilnas FoSSEI XIII Malang pada tahun ini bertempat di Universitas Negeri Malang sebagai tuan rumahnya, acara ini berlangsung dari tanggal 27-30 Maret 2014 yang diikuti oleh sekitar 365 Mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia.




Delegasi FKEI FIAI UII ke Temilnas FoSSEI XIII Malang 

Pada tahun ini, KSEI FKEI FIAI UII mengirimkan 6 perwakilannya untuk mengikuti Temilnas FoSSEI XIII, mereka yaitu Riko Nazri (EKIS’11), Muhammad Nur Fadillah dan Muhammad Amirullah (EKIS’12), Khozin Zaki, Nunung Elahayati dan Ahmad Riyadi (EKIS’13).

Pada Temilnas 2014 kali ini cukup menarik karena mengusung tema yang jarang dibicarakan dalam kajian-kajian Ekonomi Islam yakni “Implementasi Ekonomi Islam dalam Sektor Agraria untuk Kemandirian Ekonomi Indonesia” dengan menghadirkan pembicara dari Kementerian Pertanian RI, H. Hendri Tanjung, Ph.D. (Dosen Universitas Ibn Khaldun, Bogor) dan Prof. Dr. Muhammad Firdaus M,si  (wakil dekan fakultas ekonimi UM) yang dikemas dalam bingkai Seminar Nasional. Setelah Seminar Nasional acara dilanjutkan dengan babak penyisihan Olimpiade Ekonomi Islam yang diikuti oleh 97 Tim perwakilan KSEI yang terdiri dari lebih dari lebih 60 Kampus se-Indonesia. Diruangan yang berbeda juga dilaksanakan babak presentasi finalis Business Plan Competition.

Pada hari kedua diselenggarakan Tabligh Akbar dan Talkshow Srikandi FoSSEI yang kemudian dilanjutkan dengan babak semifinal dan final olimpiade Ekonomi Islam. Terdapat 3 tim yang lolos babak final Olimpiade yakni SEF UGM A, SEF UGM C dan SESCOM UIN MALIKI MALANG.

Ada hal yang berbeda dalam penyelenggaraan Temilnas XIII Malang kali ini, yakni diadakannya kembali Simposium Nasional setelah sempat tidak pernah diselenggarakan kembali sejak tahun 2004. Simposium Nasional memang menjadi acara inti dan tujuan utama yang sesungguhnya dari adanya perhelatan Temu Ilmiah Nasional FoSSEI. Dalam simposium tersebut kami dibagi menjadi 5 komisi dengan topik yang berbeda dan ruangan yang terpisah untuk mendiskusikan topik yang terkait dengan Agraria dalam Ekonomi Islam. Setelah selesai simposium kemudian semua peserta dikumpulkan kembali untuk bersama-sama menyusun Draft yang rencananya akan dibawa untuk direkomendasikan kepada pemerintah.

Setelah simposium nasional, Temilnas FoSSEI XIII ditutup sekaligus dibacakan pengumuman para pemenang lomba yakni

Olimpiade Ekonomi Islam
Juara 1           = SEF UGM TIM A
Juara 2           = SESCOM UIN MALIKI MALANG
Juara 3           = SEF UGM TIM C

Business Plan Competition
Juara 1           = KEI UNS
Juara 2           = KSEI FEB UNDIP
Juara 3           = ICON UDAYANA


Fieldtrip ke Kusuma Argowisata, Batu Malang.

Pada hari terakhir yakni Ahad, 30 Maret 2014 seluruh peserta Temilnas XIII diajak untuk Fieldtrip ke Kusuma Agrowisata di daerah Batu, Malang Jawa Timur, disana kami dikenalkan dengan dunia agrowisata, dimana kami diajak untuk mengelilingi tempat agrowisata yang begitu luas dan sejuk, disana kami memetik Buah-buahan langsung dari pohonnya. Banyak sekali ilmu & pengalaman yang kami dapatkan selama mengikuti rangkaian Temilnas FoSSEI XIII Malang. Malang is Awesome, Akhir kata kami ucapkan EKONOM RABBANI, BISAA!!!
Reporter : @ iko_zain

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar